Adakah Cara Menghilangkan Alergi?

ADAKAH CARA MENGHILANGKAN ALERGI?

 

Mungkin kita sering bertanya-tanya, apakah mungkin menghilangkan alergi atau mengobati alergi? Alergi bukanlah suatu penyakit namun merupakan bawaan dari tubuh seseorang yang memang tidak bisa dihilangkan. Alergi ini terjadi karena ada suatu kelainan dari dalam tubuh seorang individu yang pada dasarnya tidak berbahaya namun bisa memicu menjadi keadaan yang dapat memperparah kondisi tubuh menjadi lebih buruk saat terjadi suatu serangan penyakit.

 

Tips Mengurangi Reaksi Alergi

Kita bisa mengusahakan reaksi alergi agar tidak terlalu sering muncul, dengan cara:

1)      Mencari Tahu Jenis Alergi Yang Kita Derita

Hal pertama tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu, jenis alergi yang kita miliki : apakah alergi debu tertentu, alergi dingin, alergi susu formula, alergi udang atau alergi terhadap apa. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa mengikuti suatu tes alergi di rumah sakit. Rumah sakit akan membantu Anda untuk mengetahui alergi yang Anda miliki.

Sebagai contoh, jika Anda alergi terhadap tungau, maka untuk mengatasinya, yang paling tepat adalah dengan menghindari penyebabnya. Kita ketahui bahwa debu tungau bisa dengan mudah menempel di tempat tidur, bantal, sprei dan di berbagai tempat di kamar kita. Tungau ini menyukai serpihan kulit tubuh kita yang setiap hari mengelupas dan menempel di berbagai perabot rumah tangga. Di situlah tungau tersebut berkembang biak.

Jika reaksi alergi pada tungau datang, kita akan bersin-bersin tak berhenti, atau gatal-gatal yang terasa pedas atau gangguan lain. Untuk mencegahnya, tentu kita harus selalu menjaga kebersihan rumah kita, dan sering mengganti sprei tempat tidur juga merupakan solusi terbaik.

 

2)      Cara Menghilangkan Alergi Dengan Mencegah Penyebabnya

Nah, dari gambaran di atas, bisa dipahami bahwa untuk mengatasinya memang harus dengan mengurangi kemungkinan penyebabnya. Jika alergi terhadap debu maka hindari menyimpan boneka di dalam rumah atau di kamar, jangan memelihara binatang yang berbulu tebal seperti kucing, kelinci dan anjing.

Langkah-langkah pencegahan inilah solusi yang paling efektif untuk mengatasi reaksi alergi karena memang alergi tidak bisa dihilangkan atau diobati, yang bisa adalah dicegah terjadinya ataupun dikurangi tingkat resikonya. Seperti halnya reaksi alergi yang lain, seorang anak kecil yang alergi terhadap susu sapi juga akan mengalami batuk yang tidak sembuh-sembuh karena terus mengkonsumsi susu formula berbahan dasar susu sapi. Jadi cara yang efektif menghilangkan alergi adalah dengan menghindari penyebabnya.