SEHAT ALAMI DARI STROKE! SI PEMUKUL "SAKTI"!

SEHAT ALAMI DARI STROKE! SI PEMUKUL "SAKTI"!

Sehat alami selalu menjadi idaman semua manusia. Termasuk terhidar dari serangan Stroke!

Mengapa Stroke disebut Si Pemukul "Sakti"?

Karena serangan Stroke tiba-tiba dan akibatnya "mengejutkan" (meninggal atau kecacadan). Kecacatan yang terjadi membuat penderita stroke merasa tidak berdaya karena memerlukan bantuan orang lain dan atau alat bantu untuk beraktivitas.

Kecacatan juga membuat penderita stroke tidak bisa bekerja seperti semula sehingga penderita strokemerasa kurang/tidak berguna lagi. Ketidak-berdayaan dan ketidak-bergunaan yang terjadi secara tiba-tiba inilah yang membuat penderita stroke frustrasi, emosi dan depresi.

APA ITU STROKE?

Stroke disebut juga Cerebro Vascular Accident (CVA). Cerebro Vascular adalah pembuluh darah (arteri) di otak dan Accident berarti kejadian/kecelakaan yang tiba-tiba. Apa yang terjadi pada pembuluh darah (arteri) di otak pada stroke? Ada 2 kejadian :

  1. Pembuluh darah (arteri) di otak pecah sehingga terjadi perdarahan di otak yang akan menimbulkan gangguan fungsi otak. Jenis stroke ini disebut Stroke Perdarahan (Hemorrhagic Stroke).
  2. Pembuluh darah (arteri) di otak tersumbat sehingga terjadi kekurangan supply darah ke suatu bagian otak yang akan menimbulkan gangguan fungsi otak. Jenis stroke ini disebut Stroke Sumbatan (Ischemic Stroke).

MENGAPA PENDERITA STROKE PERLU SEGERA DITANGANI DOKTER?

Ada 2 hal yang terjadi pada otak penderita stroke, yaitu :

  • Gangguan sirkulasi (peredaran) darah di otak sehingga supply oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak akan berkurang. Akibatnya sel-sel otak di daerah yang terkena stroke akan mati yang tentunya akan menimbulkan gangguan fungsi otak.
  • Pembengkakan otak (edema cerebri) yang akan menimbulkan kenaikan tekanan di dalam rongga otak → kerusakan jaringan otak bertambah - gangguan fungsi otak bertambah berat.

Oleh karenanya penderita stroke harus segera ditangani oleh dokter. Golden period untuk penderita stroke adalah 6 jam pertama. Artinya dalam 6 jam pertama sejak terjadinya stroke, penderita stroke sudah harus ditangani oleh dokter.

KECACATAN AKIBAT STROKE

Kecacatan akibat stroke tergantung dari bagian otak yang terkena stroke. Makin luas bagian otak yang terkena stroke, makin berat kecacadannya bahkan dapat merenggut jiwa!

Kecacatan yang sering kita temui antara lain : kelumpuhan/kelemahan pada salah satu sisi tubuh, bicara tidak jelas (pelo), gangguan keseimbangan tubuh (mudah jatuh), kehilangan sebagian penglihatan atau pendengaran, penglihatan ganda, gangguan memori, tidak bisa menahan kencing dan lain-lain.

Dalam hal kelumpuhan/kelemahan satu sisi tubuh, terjadi azas berseberangan. Artinya, stroke pada otak bagian kanan akan mengakibatkankan kelumpuhan/kelemahan pada sisi kiri tubuh dan sebaliknya.

APA ITU MINI STROKE?

Mini Stroke disebut juga Transient Ischaemic Attack (TIA), Serangan Iskemik Sementara (SIS). Terjadi sumbatan (bukan perdarahan) pada arteri di otak yang berlangsung sementara (sumbatan sementara) sehingga gejala stroke berlangsung kurang dari 24 jam. Setelah 24 jam semua gejala stroke hilang dan penderita stroke normal kembali.

Gangguan sementara terjadi pada penglihatan, bicara, gerakan (motorik) dan perasa (sensorik). Mini Stroke jangan dianggap remeh. Mini Stroke adalah pertanda sudah terjadi stroke sumbatan yang kalau berulang bisa timbul stroke. Hati-hatilah!

Apa saja faktor resiko Stroke?

  1. Dislipidemia (kelainan kadar lemak darah), khususnya hipekolesterolemia (kadar kolesterol darah di atas normal) => atheroma di arteri otak dan arteri-arteri di luar otak (jantung, dll)
  2. Hipertensi (tekanan darah di atas normal)
  3. Diabetes Mellitus (kadar gula darah di atas normal)
  4. Kelainan Jantung (kelainan katup jantung, dll)
  5. Radikal Bebas (mempercepat terbentuknya atheroma pada hiperkolesterolemia)

Penanganan Stroke

  1. Segera bawa ke rumah sakit bila ada gejala-gejala yang mengarah ke stroke. Ingat! Golden period stroke 6 jam!
  2. Tindakan medis.
  3. Fisioterapi. Perlu dimengerti, tujuan fisioterapi adalah untuk menjaga masa otot yang lumpuh/lemah, bukan membuat penderita paska stroke bisa bergerak normal kembali. Pada penderita stroke tidak ada kelainan pada otot tubuh yang lumpuh/lemah, kelainan ada pada otak (yang terkena stroke). Jadi penderita akan bisa bergerak normal kembali bila terjadi perbaikan pada bagian otak yang rusak. Dengan demikian, sementara menunggu terjadinya perbaikan di otak (biasanya memerlukan waktu yang lama), penderita stroke harus rajin menggerakkan sisi tubuh yang lemah/lumpuh walaupun belum bisa bergerak normal!

Peranan Noni ANAMed pada Stroke

Noni ANAMed mengandung lebih dari 140 bioaktif (bahan aktif alami) antara lain :

  • Nutrisi lengkap yang dibutuhkan sel-sel tubuh (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air)
  • Antioksidan (pembersih radikal bebas) yang poten (kadar SOD dan Scopoletin paling tinggi)

sehingga Noni ANAMed dapat membantu mencegah dan atau menanggulangi Stroke dengan cara :

  1. Menjaga sel otak yang sehat tetap sehat.
  2. Membantu pemulihan/regenerasi sel otak yang rusak.
  3. Mengendalikan faktor risiko Stroke : Dislipidemia, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Radikal Bebas.

Anjuran Takaran Noni ANAMed

  • Untuk Stroke : => Tahap pengobatan : Untuk takaran minum Noni ANAMed : => Bulan 1 : 2 x 60 ml tiap hari. Takaran bisa ditingkatkan sampai 5 x 60ml bila kondisinya cukup parah Bila belum ada perbaikan, takaran dapat ditingkatkan (frekwensi atau volumenya) => Tahap pemeliharaan (maintenance) => bila kondisi jantung sudah stabil normal : 2 x 30 ml tiap hari.
  • Untuk penyakit lain (yang berat/kritis, seperti kanker, DBD dll) : Takaran dapat ditingkatkan, baik frekuensi maupun volume-nya, sampai 500 ml tiap hari.

Cara Minum Noni ANAMed

  • Dikumur dulu 4 kali lalu ditelan.
  • Bila disertai dengan obat dokter maka minum dulu obat dokter, 1 jam kemudian minum Noni ANAMed