SEHAT ALAMI DENGAN NUTRISI MENGKUDU/NONI (1)

Tahukah Anda bahwa tanaman Mengkudu/Noni merupakan tanaman asli Indonesia?

Menurut Ridley, Noni merupakan tanaman asli Indonesia. Masyarakat Indonesia mempunyai pengalaman paling lama di dunia, lebih dari 6,000 tahun dalam menggunakan tanaman Noni sebagai sayuran, makanan dan obat-obatan.

Berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Nishigaki, Ketua dari Tokyo Noni Research Center, bahwa Noni dari Indonesia memiliki kandungan nutrisi terbaik (tertinggi) di dunia sehingga akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan penyembuhan lebih baik dibanding Noni lainnya.

Varietas Noni yang digunakan adalah varietas “Great  Morinda” atau dikenal sebagai “Queen of Noni”.

Fungsi Obat pada Noni

Bahan aktif pada Noni :

  1. Medium-chain fatty acid
  2. Coumarin derivative, seperti Scopoletin
  3. Nicotianamine
  4. Small M.W. Polysaccharide
  5. Dietary fibers (Pectin)
  6. Iridoid (Asperuloside)
  7. Bahan Nutrisi
  8. Vitamin, Mineral, Asam Amino

1. Medium Chain Fatty Acid

Semakin matang buah Mangkudu maka bau khasnya semakin kuat. Ini merupakan metabolisme selluer alami yang menghasilkan Asam Lemak Rantai Menengah (Medium Chain Fatty Acid), yaitu asam kaproat (caproic acid) dan asam kaprilat (caprylic acid). Asam lemak ini mempunyai manfaat untuk  membunuh bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan lainnya.

Rusmus kimia Medium Chain Fatty Acid sama dengan yang ada di air susu ibu; Oleh karena itu tanaman Noni juga disebut sebagai Fruit of Mother. Jangan minum Noni yang tidak ada bau Noni yang menyengat, karena tidak ada Medium Chain Fatty Acid-nya sehingga khasiatnya juga akan berkurang.

2. Scopoletin

Pada tahun 1993, peneliti universitas Hawaii berhasil memisahkan Scopoletin dari buah Mengkudu. Scopoletin dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks (tidak kaku), dan bersama dengan Nitric Oxide (NO) bisa memperlebar saluran pembuluh darah. Hal ini bisa bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi. Hal ini juga ada hubungannya dengan peningkatan vitalitas kaum pria. Selain itu scopoletin juga telah terbukti dapat membunuh beberapa tipe bakteri, bersifat fungisida (pembunuh jamur) terhadap Pythium sp dan juga bersifat anti peradangan dan anti-alergi dan lain-lain.

3. Nicotianamine

Adalah salah satu unsur yang terkandung pada buah noni sebagai anti penyempitan pembuluh darah. Unsur ini tidak dapat diganti dengan bahan-bahan lain karena hanya akan bermanfaat jika bersatu dengan unsur keseluruhan noni.

4. Small M.W. Polysaccharide

Polisakarida dikenal dalam ilmu kedokteran sebagai senyawa berkhasiat yang mudah diserap tubuh. Yaitu senyawa yang memacu kekebalan tubuh dan menstimulasi aktivitas makrofag (sel raksasa pemakan benda asing) & sel Limposit-T (imunitas), juga sebagai antitumor dan antikanker.

5. Dietary fibers (Pectin)

Adalah serat yang tidak dapat dicerna sehingga melewati usus kecil dan usus besar. Hal ini bagus, karena serat akan membuat usus tetap sehat. Tak hanya itu, serat ini sebagai pencegah gangguan diverticulitis serta sembelit.  Kebanyakan jenis serat ini digunakan untuk suplemen diet. 

Bila Anda melihat jus Noni yang ada endapannya, maka endapan ini namanya Pectin (dietry fiber).

6. Iridoid (Asperuloside)

Iridoid adalah unsur yang diproduksi oleh tanaman untuk melawan infeksi dan ancaman lainnya. Irodoid memiliki banyak manfaat diantaranya anti tumor, anti virus dan imunomodulator.

Ada 2 jenis Iridoid yang dominan di buah Noni, yaitu DAA (Deacthyl Asperuloside Acid) yang bermanfaat untuk anti inflamasi dan AA (Asperuloside Acid) yang bermanfaat sebagai anti kanker.

7. Bahan nutrisi

Tubuh kita terdiri dari kumpulan organ- organ yang bekerja secara sinergis. Organ tubuh adalah kumpulan dari jaringan otot yang memiliki fungsi tertentu didalam tubuh. Jaringan otot pada organ tubuh kita terdiri dari sel-sel hidup yang mampu meregenerasi dirinya sehingga terbentuk sel baru untuk menggantikan sel yang telah mati. Untuk itu semua tubuh memerlukan nutrisi agar proses regenerasi jaringan otot tidak terganggu.

8. Vitamin, Mineral, Asam Amino

Vitamin diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi organ agar tetap optimal, begitu pula dengan mineral. Asam amino membantu mencegah penyusutan otot, membantu pembentukan sel darah merah, merangsang pelepasan hormon pertumbuhan, menurunkan kadar kolesterol darah.